Header Ads

Virtual Memory Adalah

Sesuai janji saya pada postingan sebelumnya, saya akan membahas tentang pengertian virtual memory | apa itu virtual memory? | virtual memory adalah yang saya gunakan sebagai judul pada postingan kali ini :) dan jujur saja kalau postingan Virtual Memory ini merupakan kelanjutan atau salah satu tugas dari mata kuliah Sistem Operasi. Tapi tenang saja.. saya akan berikan ringkasan / rangkuman yang akan Anda mengerti. Ok! Langsung saja ya? Mari kita mulai dari pengertian virtual memory dari wikipedia.

Memori virtual (dalam bahasa Inggris: virtual memory) adalah sebuah mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian dari hierarki memori seolah-olah ia menggunakannya sebagai RAM wujud yang terpasang di dalam sebuah sistem. Mekanisme ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di dalam kandar keras (hard drive) yang disebut dengan berkas tukar, berkas halaman atau tukar petak. -  Selengkapnya

Jadi, Virtual Memori adalah suatu sistem yang digunakan oleh sistem operasi untuk menggunakan sebagian dari memori sekunder (Harddisk). Seolah-olah sistem tersebut menggunakan memori internal / primary (RAM) fisik yang terpasang pada sebuah sistem komputer. Cara kerja sistem ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas pada Hard Drive yang biasa disebut dengan Page File. Proses pemakaian virtual memori pada windows umumnya dapat dilihat di Task Manager.


Beberapa keuntungan penggunaan memori virtual adalah sebagai berikut:
  • Berkurangnya  proses  I/O  yang  dibutuhkan  (lalu  lintas  I/O  menjadi  rendah).  Misalnya  untuk program butuh membaca dari disk dan memasukkan dalam memory setiap kali diakses.
  • Ruang menjadi lebih leluasa karena berkurangnya memori fisik yang digunakan. Contoh, untuk program 10 MB tidak seluruh bagian dimasukkan dalam memori fisik. Pesan-pesan error hanya dimasukkan jika terjadi error.
  • Meningkatnya respon, karena menurunnya beban I/O dan memori.
  • Bertambahnya jumlah pengguna yang dapat dilayani. Ruang memori yang masih tersedia luas memungkinkan komputer untuk menerima lebih banyak permintaan dari pengguna.

Diberdayakan oleh Blogger.