Header Ads

Pengertian Almamater


kali ini saya membahas sedikit tentang apa itu almamater? seperti yang kita ketahui, almamater anggapan kita dalam pikiran kita adalah Jaz Almamater. bukan begitu kawan?
tapi sebenarnya, itu bukan pengertian almamater yang sebenarnya.. mari kita telusuri makna sebenarnya dari Almamater.

Istilah “almamater” tidak lepas dari kata sekolah, yang berasal dari bahasa Latin, yaitu “scolae, skhole, scola, atau schola” yang artinya “waktu luang.” Dahulu para orang tua di Yunani mengisi waktu luang anaknya dengan bermain serta mengajarkan berbagai hal mengenai kehidupan dengan cara mengunjungi suatu tempat untuk mempelajari hal ikhwal yang mereka rasakan butuh untuk mereka ketahui. Sampai pada saat orang tua tidak mampu lagi meluangkan waktunya untuk anak mereka karena mulai disibukkan dengan pekerjaan, maka dititipkanlah anak-anak tersebut kepada orang-orang yang mempunyai ilmu pengetahuan untuk mengisi waktu-waktu luang anaknya untuk bermain dan sesekali belajar. Sebagian besar pendapat yang ada menyebutkan, bahwa orang-orang tersebut diberi nama “alma mater” yang berarti “ibu pengasuh” atau “ibu yang memberikan ilmu,” yang sampai saat ini kita kenal dengan kata “almamater” dalam berbagai warna atau perspektif. Anak-anak tersebut kemudian diasuh dan diberikan bekal ilmu pengetahuan oleh almamater.

Dari pengertian di atas, jelas bahwa almamater sendiri berposisi sebagai orang tua ketika anak atau tiap individu dititipkan padanya. Ada tanggung jawab besar yang harus ditanggungnya, memberikan bekal pengetahuan sekaligus mengasuh (yang dalam hal ini keadaan keseluruhan individu titipan tersebut tentunya juga menjadi tanggungjawab almamater).

Yups... seperti itulah pengertian dari almamater, mungkin bagi kawan-kawan yang selama ini masih mengartikan almamater sebagai Jas kebanggaan atau Identitas dari suatu institusi atau perguruan tinggi kita. ^^
Diberdayakan oleh Blogger.