Header Ads

Contoh Source Code Sederhana Bahasa C

Berikut Source code Sederhana dari C++ untuk mengetahui Predikat nilai menggunakan Branching if-else if-else if-...-else. Selamat mencoba kawan^^

#include"stdio.h"
void main()
{
int nilai;
printf("Masukkan Nilai =");
scanf("%d",& nilai);
if(nilai>=90 && nilai<=100)
printf("Amat Baik");
else if(nilai>=75 && nilai<=89)
printf("Baik");
else if(nilai>=60 && nilai<=74)
printf("Cukup");
else if("nilai>=0 && nilain<=59");
printf("Kurang");
else
printf("Nilai yang Anda masukkan salah!");
}
Beberapa istilah dalam bahasa pemrograman C++ :
Variabel

Deklarasi variabel harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku dalam bahasa C. Variabel bahasa C dapat terdiri dari gabungan huruf (A...Z, a...z) dan Angka (0...9) dengan karakter pertama harus menggunakan huruf atau garis bawah, tidak boleh angka. berikut contoh pendeklarasian variabel:
Jumlah
Ipk_kuliah
_Nilai
P10

Array
Array sering diartikan sebagai larik. Array merupakan koleksi data dengan setiap elemen data menggunakan nama yang sama dan tiap elemen data bertipe sama. Setiap elemen array dapat diakses melalui indeks array.
Array adalah tipe data yang banyak dipergunakan pada hampir di semua bahasa pemrograman. Array bisa disebut sebagai penempatan banyak data pada satu variable. Hal ini diperlukan apabila data yang kita butuhkan jumlahnya banyak, dan data tersebut adalah serupa, misalnya data nilai siswa. Misalnya adalah sebagai berikut:

int NilaiSiswa1 = 60;
int NilaiSiswa2 = 70;
int NilaiSiswa3 = 80;


Apabila datanya berjumlah sedikit mungkin masih bisa menggunakan metode di atas. Tapi apabila datanya banyak(jumlah siswa lebih dari 100), kita akan kesulitan untuk mengaturnya. Kemudian dari hal inilah timbul ide untuk mengganti angka pada variable dengan varable integer (bilangan) sebagai index. Dengan demikian terdapat variable indentitas dan variable index. Sehingga deklarasi di atas dengan array menjadi:

int Nilaisiswa[100]={80,65,98,79,70,.......};
arti:
NilaiSiswa[1] = 80;
NilaiSiswa[2] = 65;
NilaiSiswa[3] = 98; dst


Struct
Structur merupakan kumpulan elemen-elemen data yang digabungkan menjadi satu kesatuan. Masing-masing elemen data tersebut dinamakan field atau elemen struktur. secara umum jumlah field sebuah struktur adalah tidak terbatas.
Struktur digunakan untuk mengelompokkan beberapa informasi yang berkaitan sebagai sebuah kesatuan. field-field tersebut digabungkan menjadi satu struktur dengan tujuan untuk memudahkan pengklasifikasiannya.
Diberdayakan oleh Blogger.