Header Ads

Membuat Recycle Bin Dalam Flashdisk

Ssst... Postingan ini dibuat diam2 di kantor --" , lagi budrek ne kawan.. banyak pikiran di tempat kerja. rasanya sudah cukup lama saya tidak menuliskan sesuatu pada blogku ini.. Pertama-tama saya ucapkan Happy New Year buat Kawan!!^^.

Langsung saja kawan.. Postingan kali ini membahas bagaimana bingungnya kita saat kita kehilangan data di flashdisk yang kejadiannya tidak sengaja?? misal waktu kita mindah data (data tugas Kuliah / file penting lainnya) ke flashdisk (cut) kemudian kita terburu-buru mengaturnya dalam suatu folder, dan tanpa sengaja kita men"delete" file tersebut. bagaimana perasaan Kawan? TT^TT (Anjrid........ Dataku!!)

Untuk mencegah terjadinya kehilangan data dari flashdisk yang dimana file yang kita delete / tak sengaja terdelete dari flashdisk akan hilang secara permanen dari penglihatan kita. bagaimana caranya membuat flashdisk kita tampak seperti harddisk yang masih terdapat "Recycle Bin"?

Untuk membuat Recycle Bin pada flashdisk, kita membutuhkan sebuah software Portable yang dinamakan "iBin". iBin merupakan software gratis yang dapat dijalankan secara portable dengan ukuran sekitar 700 kb. Penggunaan software ini sangat mudah, kita tinggal mengcopi file iBin kedalam Flash disk, lalu jalankan.

Begini Cara Instalnya kawan :
1. Download software iBin disini.
2. Ekstrak, kemudian copi file iBin.exe ke Flash Disk, dan jalankan iBin.exe






















3. Kemudian muncul jendela konfirmasi untuk instalasi iBin pada flash disk yang anda miliki. Klik tombol OK. Setelah selesai, dalam flash disk secara otomatis akan terdapat folder yang bernama iBin. Folder inilah nantinya yang akan menjadi tempat penyimpanan sementara file-file yang kita hapus.

4. Sekarang cobalah hapus beberapa file yang tidak penting sebagai uji coba. Anda akan disajikan dengan 3 pilihan seperti gambar dibawah ini :









Untuk menghapus secara pemanen pilih Erase it dan untuk menghapus sementara, pilih Dump into iBin. (tentunya kawan-kawan tidak memilih erase kan?)

5. Agar ibin ini berfungsi secara otomatis ketika windows dijalankan, aturlah konfigurasi iBin, dengan melakukan klik kanan icon pada taskbar, lalu pilih Custom Options.



















Seperti itulah kawan.. Cukup mudah bukan? kawan-kawan jangan Sungkan tinggalkan komentar^^.
Cukup sekian kawan. Terima kasih sudah menyimak sampai disini.

Tags : Membuat Recycle Bin di dalam Flashdisk, Cara Membuat Recycle Bin di dalam Flashdisk, Bin di Flashdisk, Recycle Bin di Flashdisk, recycle bin flashdisk.
Diberdayakan oleh Blogger.