Pengertian Source Code dan Pseudocode

pengertian source code dan pseudocode informatika2shared
Intro: Pak Wahyu, dosen yang bisa dibilang muda bagi kami (saya dan teman-teman sekelas), beliau yang mengajar kami tentang oop. kemarin sudah pertemuan ke-3 bagi kami (kelas sore dan sekutunya) dan seperti biasa saya datang di perkuliahan tanpa tahu hari ini saya ada kelas apa saja? (Maklum, masih belum terbiasa & saya tidak menulis jadwal dalam buku atau bisa juga dikatakan "yasudahlah! tak perlu dipikir, ntar juga ingat sendiri ;p")

Sedikit berhubungan dengan oop dan basic suatu pemrograman, memang sudah sangat-sangat terlambat untuk memposting hal ini di blog yang jarang update ini (suka-suka). Yang pertama saya jelaskan dan hasil 'learning by Googling' adalah tentang apa itu source code / pengertian dari source code / definisi source code?

Setelah Googling menggunakan kata "pengertian source code" kebanyakan saya mendapatkan hasil yang sama (Mungkin hasil dari reproduksi / Copast Artikel & tidak tahu siapa empuhnya?). Berikut saya share pengertian source code hasil Googling barusan:

Dalam ilmu komputer, source code (atau disebut juga source) adalah kumpulan pernyataan atau deklarasi bahasa pemrogramman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia. Source code memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer menggunakan beberapa perintah yang telah terdefinisi.
Source Code merupakan sebuah program yang biasanya dibuat dalam satu atau lebih file teks, kadang-kadang disimpan dalam database yang disimpan sebagai prosedur dan dapat juga muncul sebagai potongan kode yang tercetak di buku atau media lainnya. Banyaknya koleksi file source code dapat diatur dalam direktori pohon, dalam hal ini mungkin juga dikenal sebagai Source  Tree.
Sebuah source code program komputer adalah kumpulan file-file yang diperlukan untuk mengkonversi dari manusia ke bentuk-dibaca beberapa jenis komputer-bentuk eksekusi. Souce Code mungkin akan diubah menjadi sebuah file eksekusi oleh kompilator, atau dijalankan secara langsung dari bentuk yang dapat di baca manusia dengan bantuan penterjemah. Source Code dari program proyek besar adalah kumpulan semua source code dari semua program komputer yang membentuk proyek.
Melihat dari susunan katanya yang lumayan sulit untuk ditangkep pengertiannya, Artikel pengertian dari Source code tersebut kemungkinan hasil dari translate. CMIIW ;) Tanpa menyinggun siapapun & tanpa menghilangkan etika blogging, artikel tersebut saya dapatkan dari blog Komunitas Universitas Andalas.

Dari Pengertian di atas memang tidak ada yang salah, mungkin hanya sedikit sulit dicerna dalam lambung otak kita XD. Berikut pengertian source code hasil dari proses bersekolah, berkuliah dan olah pikir otak saya.. (Halah!! --")

Source Code adalah kumpulan dari beberapa kode bahasa pemrograman tertentu yang membentuk sebuah deklarasi / perintah yang dapat dibaca oleh komputer dan untuk menjalankan source code tersebut membutuhkan sebuah penterjemah dalam hal ini adalah software tertentu seperti 'Visual Studio' untuk dieksekusi / dikompile.

Selanjutnya yang kedua adalah pengertian dari pseudocode / apa itu pseudocode / definisi dari pseudocode?
pada awal saya mengenal bahasa pemrograman di sekolah, saya masih ingat sebelum kita melangkah pada proses coding, kita harus mengenal apa itu 'Algoritma', kita harus menyusun sebuah Algoritma sebelum menuju proses coding / pengetikan source code!

Menyinggung sedikit tentang Algoritma* karena pengertian pseudocode sendiri juga merupakan perkembangan  seperti Algoritma. Langsung saja saya share hasil dari 'Learning by Googling', berikut hasil terbaik Googling tentang pengertian Pseudocode :

Pseudocode adalah deskripsi dari algoritma pemrograman computer yang menggunakan struktur sederhana dari beberapa bahasa pemograman tetapi bahasa tersebut hanya ditujukan agar dapat dibaca manusia. Biasanya yang ditulis dari pseudocode adalah variabel dan fungsi. Tujuan penggunaan utama dari pseudocode adalah untuk memudahkan manusia dalam memahami prinsip-prinsip dari suatu algoritma. Penggunaan pseudocode umumnya banyak kita temukan di buku-buku dan artikel-artikel tentang pemrograman yang membahas tentang algoritma tertentu. Kadang pula pseudocode kita temukan dalam merencanakan pengembangan suatu program komputer. Dalam pseudocode, tidak ada syntax standar yang resmi. Karena itu, pseudocode ini dapat kita terapkan dalam berbagai bahasa pemograman. Tentu saja harus kita sesuaikan setiap tahap dengan bahasa pemograman yang kita gunakan. Fungsi dari pseudocode mungkin sama dengan Flowchart. Perbedaannya terletak pada cara penyampaiannya. Pseudocode menggunakan kata-kata untuk menjelaskan suatu algoritma, sedangkan Flowchart menggunakan gambar. Contoh Algoritma dan Pseudocode :

Thanks To: Rief Blog's

Kurang lebih seperti itu kawan :) kalau ada yang salah dari pengertian saya akan source code / ada yang ingin menambahi silahkan menulisnya di kolom komentar. Terima kasih.

*Algoritma adalah langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah.

Tags: pengertian source code, source code adalah, definisi source code, apa itu source code, pengertian lengkap source code, source code bahasa pemrograman, pengertian pseudocode, definisi pseudocode, pseudocode adalah, perbedaan source code dengan pseudocode, fungsi pseudocode, penulisan pseudocode, pengertian algoritma.