Drive D Hilang Setelah Install Windows 7



Sekitar 2 minggu yang lalu saya telah Upgrade memory SODDIM Laptop kesayangan saya, karena tidak puas dengan kinerja memory 1Gb saja (sudah ketinggalan kali) yang dinikahkan dengan Prosessor Dual Core ditambah lagi OS yang berat berupa 'Vista' telah berhasil memaksa saya untuk meng-Upgradenya! Rencana setelah Upgrade 2Gb saya kembali lagi ke Operating System Windows 7 Ultimate yang sudah umum dipakai oleh kalayak ramai :)

Setelah Upgrade ada saja kendala yang muncul, dikarenakan laptop saya sudah lumayan usang/tua jadi Disc Drivernya / DVD Room nya sulit diajak bekerja sama. Assemmm!! Tidak mau berhenti melawan keterbatasan, saya mulai ingat bahwa menginstall Operating System / OS bisa juga dilakukan melalui USB Drive / Pendrive / Flashdisk. Setelah Googling Akhirnya menemukan aplikasi bagaimana menginstall Windows 7 melalui Flashdisk. Sebenarnya pengen saya jelaskan juga di blog ini, namun sudah banyak kok tutorialnya tinggal Googling aja, temen saya juga sudah membeberkan tutorialnya lengkap.. silahkan kunjungi Postingannya di Warung Belajar.

Sepertinya saya terlalu banyak bercerita :D . kembali ke topik pembicaraan, dengan install windows via flashdisk, OS Windows 7 Ultimate pun telah terpasang di Laptop saya. "Dengan Hati Riang Gembira" Akhirnya Windows 7!! Yessss!! tidak lelet lagi. Haseekk... :D

Kegembiraan itu berakhir ketika saya tekan tombol WINDOWS+E (explorer), saya melihat di situ tidak ada Driver D di sebelah Driver C! Anjriitt.... Kenapa ini terjadi padaku? TT^TT Dimana Data-data ku? Huahhh!!
Tak pikir panjang lagi, langsung saya tanyakan pada Om Google kenapa Drive D hilang setelah Install Windows 7? masih saja tidak ketemu, kemudian saya search lagi dengan bahasa alien "drive d lost after install windows 7" muter-muter di forum-forum. eh gak nemu juga...

Dan akhirnya saya googling kembali dengan bahasa indonesia, saya menemukan blog Rizkiinside yang benar-benar memberikan Solusi yang tepat bagi saya yang kehilangan drive d setelah install window 7 / partisi hardisk hilang setelah install window 7. Berikut Langkah-langkahnya kawan:

Klik "Windows" di pojok kiri bawah taskbar
  • Klik Kanan "Computer" pilih "Manage"
  • Muncul jendela baru "Computer Management"
  • Arahkan ke "Computer Management" >> "Storages" >> Disk Management"
  • Klik kanan Partisi HDD Anda yg belum dinamai >>
  • Pilih "Change drive letter and Path" >> Pilih "Change..." >>
  • Pilih Drive Letter yg Anda suka, misal D:, E: dll >> lalu pilih "OK"
- Lakukan langkah yg sama pada partisi2 yg belum dinamai / belum tampil di Windows Explorer

Saya jamin deh, Semua Drive / Partisi Harddisk kawan-kawan yang hilang akan muncul kembali dengan pilihan letter sesuai dengan selera :) Gimana? Berhasilkah? Jangan lupa kasih testimoni-nya ya kawan :)
Happy Sharing!!