Header Ads

Sistem Operasi: Segmentasi Memori

Segmentasi Memori. Salah satu aspek penting dari managemen memori yang tidak dapat dihindari dari pemberian halaman adalah pemisahan cara pandang pengguna dengan tentang bagaimana memori dipetakan dengan keadaan yang sebenarnya. Pada kenyataannya pemetaan tersebut memperbolehkan pemisahan antara memori logis dan memori fisik.

Segmentasi adalah sebuah bagian dari managemen memori yang mengatur pengalamatan dari memori yang terdiri dari segmen-segmen. logical address space adalah kumpulan dari segmen-segmen yang mana tiap-tiap segmen mempunyai nama dan panjang. alamat tersebut menunjukkan alamat dari segmen tersebut dan offset-nya didalam segmen-segmen tersebut. pengguna kemudian menentukan pengalamatan dari setiap segmen menjadi dua bentuk, nama segmen dan offset dari segmen tersebut (Hal ini berbeda dengan pemberian halaman, dimana pengguna hanya menentukan satu buah alamat, dimana pembagian alamat menjadi dua dilakukan oleh perangkat keras, semua ini tidak dapat dilihat oleh user).


Untuk kemudahan pengimplementasian, segmen-segmen diberi nomor dan direferensikan dengan menggunakan penomoran tersebut, daripada dengan menggunakan nama. maka, logical address space terdiri dari dua tuple yaitu: (nomor-segmen, offset) Pada umumnya, program dari pengguna akan dikompilasi, dan kompilator tersebut akan membuat segmen-segmen tersebut secara otomatis. Jika mengambil contoh kompilator dari Pascal, maka kemungkinan kompilator tersebut akan membuat beberapa segmen yang terpisah untuk:
  1. Variabel Global,
  2. Prosedur dari pemanggilan stack, untuk menyimpan parameter dan pengembalian alamat,
  3. Porsi dari kode untuk setiap prosedur atau fungsi, dan
  4. Variabel lokal dari setiap prosedur dan fungsi.
Thanks to: http://ikc.unimal.ac.id yang telah memberikan kemudahan bagi saya untuk menyelesaikan tugas terakhir dari Mata Kuliah Sistem Operasi. #Peace Pak Aji ;) (Namanya juga blogger: Informasi bisa didapat dengan mudah) Tidak hanya Co-past kok Pak! Saya juga memakan dan mencerna materi yang telah saya posting di blog ini. Terutama untuk tugas ini. #Berasa Materi ini adalah bahan UAS :)

Regards,
Diberdayakan oleh Blogger.