RESUME SI - Pertemuan 2
Chapter 2
Information Systems for Competitive Advantage
Learning Objectives
Know the general systems model of the firm.
Understand the eight-element environmental model as a framework for understanding the environment of a business organization.
Understand that supply chain management involves the planning and coordination of physical resources that flow from the firm’s suppliers, through the firm, and to the firm’s customers.
Recognize that competitive advantage can be achieved with virtual as well as physical resources.
Learning Objectives (Cont’d)
Understand Michael E. Porter’s concepts of value chains and value systems.
Know the dimensions of competitive advantage.
Recognize the increasing challenges from global competitors and the importance of information and coordination in meeting those challenges.
Understand the challenges of developing global information systems.
Learning Objectives (Cont’d)
Know the basic types of information resources available to the firm.
Know the dimensions of information that should be provided by an information system.
Know how to manage knowledge in the form of legacy systems, images, and knowledge.
Understand how a firm goes about strategic planning – for the firm, its business areas, and its information resources.
General System Model (Cont’d)
Physical resource flow meliputi personnel, material, machines, and money.
Virtual resource flow meliputi data, information, and information dalam bentuk keputusan2.
General System Model (Cont’d)
Firm’s control mechanism meliputi
Standar performansi yg harus dipenuhi jika perushaan ingin mencapai tujuan keseluruhan
Manajemen perusahaan
Information processor yang mengubah data menjadi informasi
Feedback loop is composed of the virtual resources.
Perusahaan dan Lingkungannya
Elemen2 Lingkungan: organisasi dan individu yang ada di luar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap prshaan
suppliers, pelanggan, serikat pekerja, komunitas keuangan, komunitas global, pemegang saham dan pemilik, kompetitor, dan pemerintah society
Komunitas Global adalah area geografis dimana perusahaan melakukan operasinya
Aliran Sumber Daya Lingkungan
Information flows from customers. Often.
Material flow to customers. Often.
Money flow to stockholders. Often.
Raw materials flow from suppliers. Often.
Money flow from government. Less often.
Material flow to suppliers. Less often.
Personnel flow to competitors. Less often.
Aliran sumber daya fisik – Supply Chain Management
Supply chain adalah jalur yang memungkinkan aliran sumber daya fisik dari supplier ke perushaan dan kemudian ke pelanggan
Supply chain management mengelola sumber daya yg melalui supply chain u/ menjamin aliran yang tepat waktu dan efisien
Supply Chain Management Activities
Peramalan demand pelanggan
Penjadwalan produksi
Membangun jaringan transportasi
Memesan pengganti stok dari supplier
Menerima dari stok dari supplier
Supply Chain Management Activities (Cont’d)
Mengelola inventori – raw materials, work-in-process, and finished goods.
Melaksanakan produksi
Mengirimkan sumber daya kepada pelanggan
Tracking aliran sumber daya dari supplier, melewati perusahaan dan ke pelanggan
Supply Chain Management
Sistem informasi perusahaan yg dapt digunakan u/ melakukan aktivitas supply chain
Sistem elektronik yg menyediakan kemampuan u/ tracking aliran sumber daya pada saat terjadi
Adalah aspek krusial dari sistem ERP perushaan
Keuntungan Kompetitif
Keuntungan Kompetitif mengacu kepada penggunaan informasi u/ meningkatkan pasar
Menggunakan sumberdaya virtual maupun fisik
Digunakan untuk mencapai tujuan strategis perusahaan
Porter’s Value Chains
Value chain diciptakan untuk mendapatkan keuntungan kompetitif
Terdiri dari aktivitas utama dan pendukung yg masing2 mmbrikan kontribusi kepada margin
Margin adalah nilai dari produk dan pelayanan perushaan dikurangi dg biaya mereka sebagaimana yg dipersepsikan oleh pelanggan perusahaan
Peningkatan margin adalah tujuan dari value chain.
Porter’s Value Activities
Aktivitas bernilai utama mengelola aliran sumber daya fisik yg melewati perusahaan
Aktivitas bernilai pendukung meliputi infrastuktur perusahaan
Setiap aktivitas bernilai mencakup input yang dibeli, SDM dan teknologi
Memperluas cakupan dari Value Chain
Interorganizational system (IOS) is penghubungan value chain suatu perusahaan dengan value chain dari organisasi lain
Business partners adalah perusahaan yang berpartisipasi dalam IOS
Value system adalah penghubungan value chain suatu perusahaan dengan value chain dari anggota-anggota channel distribusinya
Dimensi keuntungan kompetitif
Keuntungan strategis mempunyai efek fundamental dalam membentuk operasi perusahaan
Keuntungan taktis adalah ketika perusahaan menerapkan strategi lebih baik dari kompetitornya
Keuntungan operasional terkait dengan transaksi harian dan proses
Tantangan dari Kompetitor Global
MNC (Multinational Corporation) : perusahaan yang beroperasi lintas produk, pasar, negara dan budaya
Struktur MNC : perusahaan induk, dan subsidiari (terpisah secara geografis, punya tujuan, kebijakan dan prosedur yang berbeda2)
Tantangan dari Kompetitor Global (2)
Pemrosesan informasi dan koordinasi sangat diperlukan oleh MNC
Keuntungan dari pemrosesan informasi dan koordinasi:
Fleksibilitas dlm menghadapi kompetitor di negara & market yg berbeda
Kemampuan u/ memberikan tanggapan di suatu negara thd perubahan yg terjadi di negara lain
Kemampuan u/ mengetahui secara luas kebutuhan pasar di seluruh dunia
Kemampuan u/ transfer pengetahuan antar unit di negara yang berbeda
Pengurangan biaya operasi keseluruhan
Meningkatnya efisiensi dan efektivitas dlm memenuhi kebutuhan pelanggan
Kemampuan u/ mencapai dan memepertahankan keberagaman produk perusahaan dan bagaimana cara produksi dan distribusinya
Tantantangan membangun Sistem Informasi Global (GIS)
Global information system (GIS) menggambarkan sistem informasi yang terdiri dari jaringan yang melewati batas negara
Tantangan
batasan-batasan politis
hambatan kultural dan komunikasi
Tantangan GIS (Cont’d)
batasan2 on
Pembelian hardware dan impor
Pemrosesan data
Komunikasi data
Transborder data flow (TDF) adalah pergerakan data yg terbaca oleh mesin melewati batasan negara
Tantangan Subsidiari GIS
Masalah teknologi akibat dari tingkat teknologi di negara subsidiari
Kecepatan dan kualitas telekomunikasi
Hak Cipta dan lisensi Software
Kurangnya dukungan dari manajer subsidiari
Manajemen Informasi
Sumberdaya informasi perusahaan:
Hardware
Software
Information Specialists (Developer, System Analyst, DBA, etc)
Users
Fasilitas
Database
Informasi
Knowledge Management
Knowledge management (KM) adalah mendapatkan data, kemudian memprosesnya menjadi informasi menggunakan dan mengkomunikasikan informasi dengan cara yg paling efektif dan membuang informasi pada waktu yg tepat
Dimensi Informasi
Relevancy – terkait dengan masalah yang dihadapi sekarang
Accuracy – usaha keras u/ 100%.
Timeliness – harus tersedia u/ pembuatan keputusan sebelum situasi krisis terbentuk atau peluang hilang
Completeness – agregasi dengan jumlah yang benar dan mendukung semua area keputusan yg sedang dibuat
Information overload adalah mempunyai terlalu banyak informasi
Merubah Sifat Alami dari Knowledge Management
Legacy information systems adalah software dan hardware sistem yang sudah lama yang tidak compatible atau kompatibel sebagian dengan teknologi informasi sekarang
Menghasilkan utamanya informasi yang bersifat historis
Data mungkin tidak tersedia dalam format digital
Image management
Perencanaan Strategis Sumberdaya Informasi (SPIR)
Chief Information Officer (CIO) – manager layanan informasi yg lebih memberikan kontribusi skill manajerial u/ mengatasi mslh yg terkait tdk hny dg smber daya informasi tp juga area lain dari operasi perusahaan
Chief Technology Officer (CTO) – manager layanan informasi yang lebih mengutamakan aspek teknologi dibanding bisnis
Strategic Planning
Enterprise – executive committee
Business areas – resources for human, information, financial, marketing, manufacturing.
Pendekatan SPIR
Pembangunan scr bersamaan rencana strategis untuk layanan informasi dan perusahaan sehingga rencana perusahaan menggambarkan dukungan yg akan diberikan oleh layanan informasi
Rencana Sistem Informasi menggambarkan demand ke depan untuk dukungan sistem
Isi utama dari SPIR
Tujuan yg ingin dicapai oleh setiap kategori sistem dalam perioda tertentu
Sumber daya informasi yg diperlukan u/ mencapai tujuan
Laporan
Information Systems for Competitive Advantage
Learning Objectives
Know the general systems model of the firm.
Understand the eight-element environmental model as a framework for understanding the environment of a business organization.
Understand that supply chain management involves the planning and coordination of physical resources that flow from the firm’s suppliers, through the firm, and to the firm’s customers.
Recognize that competitive advantage can be achieved with virtual as well as physical resources.
Learning Objectives (Cont’d)
Understand Michael E. Porter’s concepts of value chains and value systems.
Know the dimensions of competitive advantage.
Recognize the increasing challenges from global competitors and the importance of information and coordination in meeting those challenges.
Understand the challenges of developing global information systems.
Learning Objectives (Cont’d)
Know the basic types of information resources available to the firm.
Know the dimensions of information that should be provided by an information system.
Know how to manage knowledge in the form of legacy systems, images, and knowledge.
Understand how a firm goes about strategic planning – for the firm, its business areas, and its information resources.
General System Model (Cont’d)
Physical resource flow meliputi personnel, material, machines, and money.
Virtual resource flow meliputi data, information, and information dalam bentuk keputusan2.
General System Model (Cont’d)
Firm’s control mechanism meliputi
Standar performansi yg harus dipenuhi jika perushaan ingin mencapai tujuan keseluruhan
Manajemen perusahaan
Information processor yang mengubah data menjadi informasi
Feedback loop is composed of the virtual resources.
Perusahaan dan Lingkungannya
Elemen2 Lingkungan: organisasi dan individu yang ada di luar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap prshaan
suppliers, pelanggan, serikat pekerja, komunitas keuangan, komunitas global, pemegang saham dan pemilik, kompetitor, dan pemerintah society
Komunitas Global adalah area geografis dimana perusahaan melakukan operasinya
Aliran Sumber Daya Lingkungan
Information flows from customers. Often.
Material flow to customers. Often.
Money flow to stockholders. Often.
Raw materials flow from suppliers. Often.
Money flow from government. Less often.
Material flow to suppliers. Less often.
Personnel flow to competitors. Less often.
Aliran sumber daya fisik – Supply Chain Management
Supply chain adalah jalur yang memungkinkan aliran sumber daya fisik dari supplier ke perushaan dan kemudian ke pelanggan
Supply chain management mengelola sumber daya yg melalui supply chain u/ menjamin aliran yang tepat waktu dan efisien
Supply Chain Management Activities
Peramalan demand pelanggan
Penjadwalan produksi
Membangun jaringan transportasi
Memesan pengganti stok dari supplier
Menerima dari stok dari supplier
Supply Chain Management Activities (Cont’d)
Mengelola inventori – raw materials, work-in-process, and finished goods.
Melaksanakan produksi
Mengirimkan sumber daya kepada pelanggan
Tracking aliran sumber daya dari supplier, melewati perusahaan dan ke pelanggan
Supply Chain Management
Sistem informasi perusahaan yg dapt digunakan u/ melakukan aktivitas supply chain
Sistem elektronik yg menyediakan kemampuan u/ tracking aliran sumber daya pada saat terjadi
Adalah aspek krusial dari sistem ERP perushaan
Keuntungan Kompetitif
Keuntungan Kompetitif mengacu kepada penggunaan informasi u/ meningkatkan pasar
Menggunakan sumberdaya virtual maupun fisik
Digunakan untuk mencapai tujuan strategis perusahaan
Porter’s Value Chains
Value chain diciptakan untuk mendapatkan keuntungan kompetitif
Terdiri dari aktivitas utama dan pendukung yg masing2 mmbrikan kontribusi kepada margin
Margin adalah nilai dari produk dan pelayanan perushaan dikurangi dg biaya mereka sebagaimana yg dipersepsikan oleh pelanggan perusahaan
Peningkatan margin adalah tujuan dari value chain.
Porter’s Value Activities
Aktivitas bernilai utama mengelola aliran sumber daya fisik yg melewati perusahaan
Aktivitas bernilai pendukung meliputi infrastuktur perusahaan
Setiap aktivitas bernilai mencakup input yang dibeli, SDM dan teknologi
Memperluas cakupan dari Value Chain
Interorganizational system (IOS) is penghubungan value chain suatu perusahaan dengan value chain dari organisasi lain
Business partners adalah perusahaan yang berpartisipasi dalam IOS
Value system adalah penghubungan value chain suatu perusahaan dengan value chain dari anggota-anggota channel distribusinya
Dimensi keuntungan kompetitif
Keuntungan strategis mempunyai efek fundamental dalam membentuk operasi perusahaan
Keuntungan taktis adalah ketika perusahaan menerapkan strategi lebih baik dari kompetitornya
Keuntungan operasional terkait dengan transaksi harian dan proses
Tantangan dari Kompetitor Global
MNC (Multinational Corporation) : perusahaan yang beroperasi lintas produk, pasar, negara dan budaya
Struktur MNC : perusahaan induk, dan subsidiari (terpisah secara geografis, punya tujuan, kebijakan dan prosedur yang berbeda2)
Tantangan dari Kompetitor Global (2)
Pemrosesan informasi dan koordinasi sangat diperlukan oleh MNC
Keuntungan dari pemrosesan informasi dan koordinasi:
Fleksibilitas dlm menghadapi kompetitor di negara & market yg berbeda
Kemampuan u/ memberikan tanggapan di suatu negara thd perubahan yg terjadi di negara lain
Kemampuan u/ mengetahui secara luas kebutuhan pasar di seluruh dunia
Kemampuan u/ transfer pengetahuan antar unit di negara yang berbeda
Pengurangan biaya operasi keseluruhan
Meningkatnya efisiensi dan efektivitas dlm memenuhi kebutuhan pelanggan
Kemampuan u/ mencapai dan memepertahankan keberagaman produk perusahaan dan bagaimana cara produksi dan distribusinya
Tantantangan membangun Sistem Informasi Global (GIS)
Global information system (GIS) menggambarkan sistem informasi yang terdiri dari jaringan yang melewati batas negara
Tantangan
batasan-batasan politis
hambatan kultural dan komunikasi
Tantangan GIS (Cont’d)
batasan2 on
Pembelian hardware dan impor
Pemrosesan data
Komunikasi data
Transborder data flow (TDF) adalah pergerakan data yg terbaca oleh mesin melewati batasan negara
Tantangan Subsidiari GIS
Masalah teknologi akibat dari tingkat teknologi di negara subsidiari
Kecepatan dan kualitas telekomunikasi
Hak Cipta dan lisensi Software
Kurangnya dukungan dari manajer subsidiari
Manajemen Informasi
Sumberdaya informasi perusahaan:
Hardware
Software
Information Specialists (Developer, System Analyst, DBA, etc)
Users
Fasilitas
Database
Informasi
Knowledge Management
Knowledge management (KM) adalah mendapatkan data, kemudian memprosesnya menjadi informasi menggunakan dan mengkomunikasikan informasi dengan cara yg paling efektif dan membuang informasi pada waktu yg tepat
Dimensi Informasi
Relevancy – terkait dengan masalah yang dihadapi sekarang
Accuracy – usaha keras u/ 100%.
Timeliness – harus tersedia u/ pembuatan keputusan sebelum situasi krisis terbentuk atau peluang hilang
Completeness – agregasi dengan jumlah yang benar dan mendukung semua area keputusan yg sedang dibuat
Information overload adalah mempunyai terlalu banyak informasi
Merubah Sifat Alami dari Knowledge Management
Legacy information systems adalah software dan hardware sistem yang sudah lama yang tidak compatible atau kompatibel sebagian dengan teknologi informasi sekarang
Menghasilkan utamanya informasi yang bersifat historis
Data mungkin tidak tersedia dalam format digital
Image management
Perencanaan Strategis Sumberdaya Informasi (SPIR)
Chief Information Officer (CIO) – manager layanan informasi yg lebih memberikan kontribusi skill manajerial u/ mengatasi mslh yg terkait tdk hny dg smber daya informasi tp juga area lain dari operasi perusahaan
Chief Technology Officer (CTO) – manager layanan informasi yang lebih mengutamakan aspek teknologi dibanding bisnis
Strategic Planning
Enterprise – executive committee
Business areas – resources for human, information, financial, marketing, manufacturing.
Pendekatan SPIR
Pembangunan scr bersamaan rencana strategis untuk layanan informasi dan perusahaan sehingga rencana perusahaan menggambarkan dukungan yg akan diberikan oleh layanan informasi
Rencana Sistem Informasi menggambarkan demand ke depan untuk dukungan sistem
Isi utama dari SPIR
Tujuan yg ingin dicapai oleh setiap kategori sistem dalam perioda tertentu
Sumber daya informasi yg diperlukan u/ mencapai tujuan
Laporan
Post a Comment