RESUME SI - Pertemuan 3
CHAPTER 3
USING INFORMATION TECHNOLOGY TO ENGAGE IN ELECTRONIC COMMERCE
Learning Objectives
• Recognize the importance and advantages of electronic commerce.
• Understand that within ten years electronic commerce will be blended into everyday business processes and consumers will not recognize e-commerce as a special category.
• Understand the difference between business-to-business electronic commerce and business-to-consumer electronic commerce.
• Learn examples of good business-to-business electronic commerce and business-to-consumer electronic commerce.
• Understand the role that business intelligence plays in electronic commerce.
Learning Objectives (cont.):
• Know the role that inter-organizational systems, the Internet, and the World Wide Web play in electronic commerce.
• Know what factors influence the adoption of inter organizational systems.
• Recognize the movement from electronic data interchange to various Web-standard data exchange practices.
• Understand why many firms choose to have both a virtual store and a physical store.
Introduction
• Electronic commerce (or e-commerce), menggunakan jaringan komunikasi dan komputer untuk menyelesaikan proses bisnis
• Kebanyakan e-commerce terjadi antara bisnis dengan bisnis (B2B), daripada antara bisnis dengan pelanggan (B2C). Tetapi B2C tetap msh punya peluang untuk berkembang dan untung
ELECTRONIC COMMERCE
• Kita arus perlakukan “electronic business” and “electric commerce” adalah sinonim
• Artinya, setiap transaksi bisnis yg menggunakan jaringan, sistem berbasis komputer dan antar-muka yg bisa di-akses dengan Web Browser bisa disebut dengan E-commerce
Electronic Commerce Beyond the Boundary of the Firm
• Business-to-customer (B2C) electronic commerce refers to transactions between a business and the final consumer of the product
• Business-to-business (B2B) electronic commerce mengacu kepada transaksi antar bisnis dimana tidak ada yg menjadi konsumen akhir.
Keuntungan yang diharapkan dari Electronic Commerce
There are three main benefits of e-Commerce:
• Pelayanan pelanggan yang meningkat before, during, and after the sale
• Peningkatan hubungan dengan supplier dan komunitas finansial
• Peningkatan tingkat pengembalian ekonomi kepada stockholder dan investasi pemilik
Keuntungan ini memberikan kontribusi kepada stabilitas keuangan perusahaan dan memberikan kemampuan untuk bersaing leibh baik di dunia bisnis yang semakin banyak menggunakan teknologi komputer/informasi
Electronic Commerce Constraints
3 batasan e-commerce :
• Biaya yang tinggi
• Perhatian kepada faktor keamanan
• Software yang belum matang atau tidak tersedia
Masing2 batasan ini sedang dihadapi dengan adanya kebutuhan IT dan IS terhadap e-commerce yg semakin populer dan biaya sumber daya komputer yang semakin turun
Cakupan dari Electronic Commerce
• Pengaruh ekonomi terhadap industri berbeda satu dg yg lain, tetapi sekitar 94% adalah untuk B2B dan sisa 6% adalah B2C
• E-commerce diperkirakan tumbuh antara 5% sampai 15% setiap tahun…kalaupun mungkin turun, pertumbuhan tinggi sangat mungkin terjadi beberapa tahun ke depan
• Table 3.2 gives examples of the extent of the use of e-commerce in certain areas of the economy
Jalur menuju Electronic Commerce
• Implementasi e-commerce mengandung resiko kegagalan yg signifikan
• Lngkah pertama : komitmen u/ implementasi sistem sbg bagian dr rencana bisnis strategis u/ menggunakan e-commerce u/ mencapai keuntungan kompetitif
• Perusahaan lalu mengumpulkan intelejen bisnis u/ memahami peran potensial dari setiap elemen lingkungan
BUSINESS INTELLIGENCE
• Sblm terjun ke dalam e-commerce managers harus memahami hubungan perusahaan dg pelanggan, kompetitor, supplier dan entitas eksternal lainnya
• Business Intelligence (BI) adalah pengumpulan informasi terkait dg elemen lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan anda
External Databases
• Perusahaan dapat juga menggunakan database komersial yng memberikan informasi lingkungan bisnis
• Banyak perusahaan menggunakan database ini karena lebih cepat dan lebih murah daripada melakukan riset sendiri
• Figure 3.1 illustrates the use of external databases and Web searches for business intelligence
Search Engines
• A search engine adalah program khusus yg menyediakan link ke web-site berdasarkan kata kunci atau kelompok kata yang diinputkan user
• Search engines kemudian mencari ke dalam database website mana yang menggunakan kata atau frase kata tersebut
THE INTERORGANIZATIONAL SYSTEM (IOS)
• IOS dibuat melalui hubungan dg perusahaan lain sehingga mereka bisa bekerjasama sebagai unit yg terkoordinasi
• Dengan cara ini, mereka mendapatkan keuntungan yg kalau sendiri2 mungkin tidak bisa
• IOS sangat fundamental dalam e-commerce
IOS Benefits
• Partner dagang masuk ke IOS dg harapan mendapatkan keuntungan :
– Efisiensi perbandingan/Comparative Efficiency
– Efisiensi internal/Internal efficiency
– Efisiensi interorganisasi/Inter organizational efficiency
– Kekuatan tawar / Bargaining Power
• Vendor stock replenishment is IOS jenis khusus di mana supplier dapat memulai proses penggantian inventory dg mengawasi secara elektronis level inventori perusahaan
Kekuatan Tawar (Bargaining Power)
• Kekuatan Tawar diturunkan dari:
– Fitur produk yg unik
– Biaya terkait pencarian yang berkurang
– Biaya switching yg meningkat
Electronic Data Interchange (EDI)
• EDI adalah bentuk elektronik yang esensial yang bisa dikirimkan lewat jaringan
• Ini mencakup transmisi data dg format yang terstruktur dan bisa dibaca mesin, memungkinkan data diterima tanpa perlu di-inputkan lagi
• 2 standar utama EDI adalah ANSI ASC X12 is used in North America Dan the EDIFACT international standards are used in Europe
Extranet
• Cara lain u/ membentuk IOS adalah menggunakan bentuk aman dari teknologi internet yg disebut extranet
• Perusahaan menggunakannya u/ kolaborasi dg supplier yg dpt dipercaya dan pelanggan besar u/ berbagi informasi sensitif
• Keamanan dan privasi adlh masalah serius, shg biasanya extranet dipasangi firewall
Electronic Funds Transfer (EFT)
• Transmisi data yang merepresentasikan uang dalam jaringan komputer electronic funds transfer
• EFT digunakan oleh perusahaan dan individu yg meminta gaji mereka ditransfer ke dalam rekening bank-nya atau membayar tagihan secara elektronis
• EFT jg memainkan peran penting dalamelectronic commerce
Mitra bisnis yg Proactive and Reactive
• Sponsor IOS biasanya mengambil pendekatan proaktif, memberikan rangsangan dalam IOS dan mengajak partisipasi dlm jaringan
• Partisipan, dipihak lain, biasanya cenderung reaktif, menerima atau menolak tawaran IOS
• Sebagai contoh, pendekatan proaktif yg diambil oleh perusahaan pembuat mobil besar memaksa supplier u/ bereaksi baik dg mengadopsi sistem EDI atau beresiko kehilangan partisipasi dalam supply chain
Hal2 yg mempengaruhi adopsi IOS
• Premkumar and Ramamurthy mengidentifikasi 4 faktor kritis u/ menentukan suatu perusahaan akan proaktif atau reaktif:
– 1. Tekanan kompetitif/Competitive pressure
– 2. Kekuasaan yang dijalankan / Exercised power
– 3. Kebutuhan internal / Internal need
– 4. Dukungan manajemen puncak / Top management support
• 1,2 adalah eksternal…3,4 adalah internal
Keuntungan ISO tidak langsung
• Keuntungan tidak langsung berpartisipasi dalam IOS:
– Peningkatan kemampuan untuk bersaing;
– Peningkatan hubungan dengan mitra dagang
– Peningkatan pelayanan pelanggan
• Figure 3.4 shows this relationship between direct and indirect benefits
Tantangan EDI
• Pendekatan baru sistem inter-organisasi terkait transfer data B2B : XML, DHTML, and CORBA
– Extensible markup language (XML) is an extension of the hypertext markup language used to code Web pages
– Dynamic hypertext markup language (DHTML) adds features such as scripting and active controls so the content of the displayed Web page can be dynamically generated
– Common Object Request Broker Architecture (CORBA) grew as a standard as the software industry embraced object-oriented programming and databases
Strategi B2C u/ E-commerce
• Alasan kenapa memahami bisnis B2C itu penting::
– Semakin banyak produk dan layanan yg tersedia yg bisa dikirimkan secara digital
– Konsumen mulai mengatasi keengganannya membeli melalui internet
– Kecepatan komunikasi yg lebih tinggi membuat pengiriman produk digital sangat praktis
– Kekhawatiran thd pencurian informasi (spt info credit card) sekarang mulai digantikan dg kepercayaan bahwa informasi sensitif akan dilindungi keamanannya
Produk dan layanan yang bisa dikirimkan ke pelanggan melalui internet
• Digital Products: such as songs, albums, movies, computer programs and their updates and services
• Physical Products: Penjualan bisa melalui web, tapi pengiriman harus diatur. Pertumbuhan perusahaan pengiriman/pos swasta secara tdk langsung turut membantu e-Commerce
• Perbedaan mendasar digital and physical products adalah produk digital dpt segera dinikmati segera setelah didownload
Virtual Versus Hybrid Sales
• Virtual sales adalah penjualan yg dilakukan oleh suatu perusahaan yg tidak punya toko secara fisik
• Hybrid sales adalah ketika perusahaan mempunyai toko secara fisik dan jg website untuk menjual produk/layananya
• Office Depot’s Web site (www.officedepot.com) shows an example of the strategy restricting the number of images displayed until the customer has focused his/her search to a relatively few choices (next slide)
EVOLUTION OF THE INTERNET
• Understanding the Internet's evolution can help forecast future opportunities
• ARPANET makes it possible for military personnel and civilian researchers to exchange information relating to military matters. It forms a major portion of what has come to be known today known as the Internet
• In 1989, Tim Berners-Lee, working at CERN, came up with a way for physicists to communicate using hypertext electronically linked documents.
• This system quickly evolved into what is now known as the World Wide Web
CYBERSPACE AND THE INFORMATION SUPERHIGHWAY
• The term cyberspace is from William Gibson’s 1984 book Neuromancer to describe a society that had become a slave to its technology
• The information superhighway describes a system that gives everyone access to the wealth of information that exists in our modern society
• The two main organizations in leadership roles in establishing Internet and Web standards are The Internet Society and the IETF (Internet Engineering Task Force)
• Web standards come from the World Wide Web Consortium (W3C)
Aplikasi bisnis dari Internet
• Internet bisa digunakan untuk aplikasi bisnis yg mencakup komunikasi data, meliputi komunikasi di dalam dan keluar dengan lingkungan
• Tidak seperti jaringan proprietary (khusus), internet bisa digunakan dg komputer dg platform apapun tanpa usaha khusus u/ mengakses jaringan
• Internet juga memungkinkan pengiriman media yg lebih bermacam-macam dibandingkan yg bisa ditangani jaringan konvensional
Marketing Research and Retailing Applications
• By taking advantage of this new source of customer information, industrial marketers have gained new inroads to their markets
• The Web business application with which the general public is most familiar is retailing – most large retail chains now have an established Web presence
Saran u/ penggunaan internet yg berhasil
• Pastikan website anda bekerja dengan baik dalam kondisi yang beraneka-ragam
• Pastikan browser dan struktur database anda fleksibel dan intuitif
• Lebih tekankan pada isi
• Update sesering-mungkin
• Jangan hanya melihat pelanggan, tapi potensi yg kita bisa dapatkan dari mereka
• Isi website untuk kebutuhan pelanggan khusus
• Buatlah antar-muka yg intuitif
• Cari lokasi web yang tepat
• Ciptakan komunitas
• Cari bantuan jika memang memerlukan
Future Impact of the Internet on Business
• The Internet is seen as the precursor to a National Information Infrastructure
• Each country will have its own NII, all linked together in some manner that is yet to be defined
• Having an NII will affect commerce in the different countries in different ways. Industrialized countries that make quick use of innovations in technology, the effect can be swift and dramatic
• Important new issues are also emerging, especially the issue of circulating customers’ personal information
END OF CHAPTER 3
USING INFORMATION TECHNOLOGY TO ENGAGE IN ELECTRONIC COMMERCE
Learning Objectives
• Recognize the importance and advantages of electronic commerce.
• Understand that within ten years electronic commerce will be blended into everyday business processes and consumers will not recognize e-commerce as a special category.
• Understand the difference between business-to-business electronic commerce and business-to-consumer electronic commerce.
• Learn examples of good business-to-business electronic commerce and business-to-consumer electronic commerce.
• Understand the role that business intelligence plays in electronic commerce.
Learning Objectives (cont.):
• Know the role that inter-organizational systems, the Internet, and the World Wide Web play in electronic commerce.
• Know what factors influence the adoption of inter organizational systems.
• Recognize the movement from electronic data interchange to various Web-standard data exchange practices.
• Understand why many firms choose to have both a virtual store and a physical store.
Introduction
• Electronic commerce (or e-commerce), menggunakan jaringan komunikasi dan komputer untuk menyelesaikan proses bisnis
• Kebanyakan e-commerce terjadi antara bisnis dengan bisnis (B2B), daripada antara bisnis dengan pelanggan (B2C). Tetapi B2C tetap msh punya peluang untuk berkembang dan untung
ELECTRONIC COMMERCE
• Kita arus perlakukan “electronic business” and “electric commerce” adalah sinonim
• Artinya, setiap transaksi bisnis yg menggunakan jaringan, sistem berbasis komputer dan antar-muka yg bisa di-akses dengan Web Browser bisa disebut dengan E-commerce
Electronic Commerce Beyond the Boundary of the Firm
• Business-to-customer (B2C) electronic commerce refers to transactions between a business and the final consumer of the product
• Business-to-business (B2B) electronic commerce mengacu kepada transaksi antar bisnis dimana tidak ada yg menjadi konsumen akhir.
Keuntungan yang diharapkan dari Electronic Commerce
There are three main benefits of e-Commerce:
• Pelayanan pelanggan yang meningkat before, during, and after the sale
• Peningkatan hubungan dengan supplier dan komunitas finansial
• Peningkatan tingkat pengembalian ekonomi kepada stockholder dan investasi pemilik
Keuntungan ini memberikan kontribusi kepada stabilitas keuangan perusahaan dan memberikan kemampuan untuk bersaing leibh baik di dunia bisnis yang semakin banyak menggunakan teknologi komputer/informasi
Electronic Commerce Constraints
3 batasan e-commerce :
• Biaya yang tinggi
• Perhatian kepada faktor keamanan
• Software yang belum matang atau tidak tersedia
Masing2 batasan ini sedang dihadapi dengan adanya kebutuhan IT dan IS terhadap e-commerce yg semakin populer dan biaya sumber daya komputer yang semakin turun
Cakupan dari Electronic Commerce
• Pengaruh ekonomi terhadap industri berbeda satu dg yg lain, tetapi sekitar 94% adalah untuk B2B dan sisa 6% adalah B2C
• E-commerce diperkirakan tumbuh antara 5% sampai 15% setiap tahun…kalaupun mungkin turun, pertumbuhan tinggi sangat mungkin terjadi beberapa tahun ke depan
• Table 3.2 gives examples of the extent of the use of e-commerce in certain areas of the economy
Jalur menuju Electronic Commerce
• Implementasi e-commerce mengandung resiko kegagalan yg signifikan
• Lngkah pertama : komitmen u/ implementasi sistem sbg bagian dr rencana bisnis strategis u/ menggunakan e-commerce u/ mencapai keuntungan kompetitif
• Perusahaan lalu mengumpulkan intelejen bisnis u/ memahami peran potensial dari setiap elemen lingkungan
BUSINESS INTELLIGENCE
• Sblm terjun ke dalam e-commerce managers harus memahami hubungan perusahaan dg pelanggan, kompetitor, supplier dan entitas eksternal lainnya
• Business Intelligence (BI) adalah pengumpulan informasi terkait dg elemen lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan anda
External Databases
• Perusahaan dapat juga menggunakan database komersial yng memberikan informasi lingkungan bisnis
• Banyak perusahaan menggunakan database ini karena lebih cepat dan lebih murah daripada melakukan riset sendiri
• Figure 3.1 illustrates the use of external databases and Web searches for business intelligence
Search Engines
• A search engine adalah program khusus yg menyediakan link ke web-site berdasarkan kata kunci atau kelompok kata yang diinputkan user
• Search engines kemudian mencari ke dalam database website mana yang menggunakan kata atau frase kata tersebut
THE INTERORGANIZATIONAL SYSTEM (IOS)
• IOS dibuat melalui hubungan dg perusahaan lain sehingga mereka bisa bekerjasama sebagai unit yg terkoordinasi
• Dengan cara ini, mereka mendapatkan keuntungan yg kalau sendiri2 mungkin tidak bisa
• IOS sangat fundamental dalam e-commerce
IOS Benefits
• Partner dagang masuk ke IOS dg harapan mendapatkan keuntungan :
– Efisiensi perbandingan/Comparative Efficiency
– Efisiensi internal/Internal efficiency
– Efisiensi interorganisasi/Inter organizational efficiency
– Kekuatan tawar / Bargaining Power
• Vendor stock replenishment is IOS jenis khusus di mana supplier dapat memulai proses penggantian inventory dg mengawasi secara elektronis level inventori perusahaan
Kekuatan Tawar (Bargaining Power)
• Kekuatan Tawar diturunkan dari:
– Fitur produk yg unik
– Biaya terkait pencarian yang berkurang
– Biaya switching yg meningkat
Electronic Data Interchange (EDI)
• EDI adalah bentuk elektronik yang esensial yang bisa dikirimkan lewat jaringan
• Ini mencakup transmisi data dg format yang terstruktur dan bisa dibaca mesin, memungkinkan data diterima tanpa perlu di-inputkan lagi
• 2 standar utama EDI adalah ANSI ASC X12 is used in North America Dan the EDIFACT international standards are used in Europe
Extranet
• Cara lain u/ membentuk IOS adalah menggunakan bentuk aman dari teknologi internet yg disebut extranet
• Perusahaan menggunakannya u/ kolaborasi dg supplier yg dpt dipercaya dan pelanggan besar u/ berbagi informasi sensitif
• Keamanan dan privasi adlh masalah serius, shg biasanya extranet dipasangi firewall
Electronic Funds Transfer (EFT)
• Transmisi data yang merepresentasikan uang dalam jaringan komputer electronic funds transfer
• EFT digunakan oleh perusahaan dan individu yg meminta gaji mereka ditransfer ke dalam rekening bank-nya atau membayar tagihan secara elektronis
• EFT jg memainkan peran penting dalamelectronic commerce
Mitra bisnis yg Proactive and Reactive
• Sponsor IOS biasanya mengambil pendekatan proaktif, memberikan rangsangan dalam IOS dan mengajak partisipasi dlm jaringan
• Partisipan, dipihak lain, biasanya cenderung reaktif, menerima atau menolak tawaran IOS
• Sebagai contoh, pendekatan proaktif yg diambil oleh perusahaan pembuat mobil besar memaksa supplier u/ bereaksi baik dg mengadopsi sistem EDI atau beresiko kehilangan partisipasi dalam supply chain
Hal2 yg mempengaruhi adopsi IOS
• Premkumar and Ramamurthy mengidentifikasi 4 faktor kritis u/ menentukan suatu perusahaan akan proaktif atau reaktif:
– 1. Tekanan kompetitif/Competitive pressure
– 2. Kekuasaan yang dijalankan / Exercised power
– 3. Kebutuhan internal / Internal need
– 4. Dukungan manajemen puncak / Top management support
• 1,2 adalah eksternal…3,4 adalah internal
Keuntungan ISO tidak langsung
• Keuntungan tidak langsung berpartisipasi dalam IOS:
– Peningkatan kemampuan untuk bersaing;
– Peningkatan hubungan dengan mitra dagang
– Peningkatan pelayanan pelanggan
• Figure 3.4 shows this relationship between direct and indirect benefits
Tantangan EDI
• Pendekatan baru sistem inter-organisasi terkait transfer data B2B : XML, DHTML, and CORBA
– Extensible markup language (XML) is an extension of the hypertext markup language used to code Web pages
– Dynamic hypertext markup language (DHTML) adds features such as scripting and active controls so the content of the displayed Web page can be dynamically generated
– Common Object Request Broker Architecture (CORBA) grew as a standard as the software industry embraced object-oriented programming and databases
Strategi B2C u/ E-commerce
• Alasan kenapa memahami bisnis B2C itu penting::
– Semakin banyak produk dan layanan yg tersedia yg bisa dikirimkan secara digital
– Konsumen mulai mengatasi keengganannya membeli melalui internet
– Kecepatan komunikasi yg lebih tinggi membuat pengiriman produk digital sangat praktis
– Kekhawatiran thd pencurian informasi (spt info credit card) sekarang mulai digantikan dg kepercayaan bahwa informasi sensitif akan dilindungi keamanannya
Produk dan layanan yang bisa dikirimkan ke pelanggan melalui internet
• Digital Products: such as songs, albums, movies, computer programs and their updates and services
• Physical Products: Penjualan bisa melalui web, tapi pengiriman harus diatur. Pertumbuhan perusahaan pengiriman/pos swasta secara tdk langsung turut membantu e-Commerce
• Perbedaan mendasar digital and physical products adalah produk digital dpt segera dinikmati segera setelah didownload
Virtual Versus Hybrid Sales
• Virtual sales adalah penjualan yg dilakukan oleh suatu perusahaan yg tidak punya toko secara fisik
• Hybrid sales adalah ketika perusahaan mempunyai toko secara fisik dan jg website untuk menjual produk/layananya
• Office Depot’s Web site (www.officedepot.com) shows an example of the strategy restricting the number of images displayed until the customer has focused his/her search to a relatively few choices (next slide)
EVOLUTION OF THE INTERNET
• Understanding the Internet's evolution can help forecast future opportunities
• ARPANET makes it possible for military personnel and civilian researchers to exchange information relating to military matters. It forms a major portion of what has come to be known today known as the Internet
• In 1989, Tim Berners-Lee, working at CERN, came up with a way for physicists to communicate using hypertext electronically linked documents.
• This system quickly evolved into what is now known as the World Wide Web
CYBERSPACE AND THE INFORMATION SUPERHIGHWAY
• The term cyberspace is from William Gibson’s 1984 book Neuromancer to describe a society that had become a slave to its technology
• The information superhighway describes a system that gives everyone access to the wealth of information that exists in our modern society
• The two main organizations in leadership roles in establishing Internet and Web standards are The Internet Society and the IETF (Internet Engineering Task Force)
• Web standards come from the World Wide Web Consortium (W3C)
Aplikasi bisnis dari Internet
• Internet bisa digunakan untuk aplikasi bisnis yg mencakup komunikasi data, meliputi komunikasi di dalam dan keluar dengan lingkungan
• Tidak seperti jaringan proprietary (khusus), internet bisa digunakan dg komputer dg platform apapun tanpa usaha khusus u/ mengakses jaringan
• Internet juga memungkinkan pengiriman media yg lebih bermacam-macam dibandingkan yg bisa ditangani jaringan konvensional
Marketing Research and Retailing Applications
• By taking advantage of this new source of customer information, industrial marketers have gained new inroads to their markets
• The Web business application with which the general public is most familiar is retailing – most large retail chains now have an established Web presence
Saran u/ penggunaan internet yg berhasil
• Pastikan website anda bekerja dengan baik dalam kondisi yang beraneka-ragam
• Pastikan browser dan struktur database anda fleksibel dan intuitif
• Lebih tekankan pada isi
• Update sesering-mungkin
• Jangan hanya melihat pelanggan, tapi potensi yg kita bisa dapatkan dari mereka
• Isi website untuk kebutuhan pelanggan khusus
• Buatlah antar-muka yg intuitif
• Cari lokasi web yang tepat
• Ciptakan komunitas
• Cari bantuan jika memang memerlukan
Future Impact of the Internet on Business
• The Internet is seen as the precursor to a National Information Infrastructure
• Each country will have its own NII, all linked together in some manner that is yet to be defined
• Having an NII will affect commerce in the different countries in different ways. Industrialized countries that make quick use of innovations in technology, the effect can be swift and dramatic
• Important new issues are also emerging, especially the issue of circulating customers’ personal information
END OF CHAPTER 3
Post a Comment